Solusi Cara memperbaiki Kulkas tidak dingin

Solusi Cara memperbaiki Kulkas tidak dingin tapi lampu menyala - Umur rata-rata lemari es adalah 17 tahun. Pernahkah Anda menemukan lemari es Anda tidak mendingin? Ini adalah situasi yang menyedihkan karena salah satu peralatan terpenting Anda rusak. Anda berisiko merusak makanan di dalam dan akhirnya membuat rumah Anda berantakan.

Solusi Cara memperbaiki Kulkas tidak dingin

Namun, biasanya peralatan rumah tangga mengalami masalah. Jangan panik - Anda bisa memperbaikinya!

Panduan ini memungkinkan Anda untuk merekondisi lemari es kembali ke jalur semula. Ini membahas bagian-bagian penting untuk diperiksa dan bagaimana memperbaikinya. Mungkin ada beberapa hal yang tidak berjalan dengan benar.

Ingin tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Berikut adalah langkah-langkah yang harus diambil ketika Anda menemukan kulkas tidak dingin.

1 - Koil Kondensor Kotor

Gulungan kondensor biasanya terletak di bawah lemari es. Mereka membuang panas saat zat pendingin melewatinya. Jika gulungan kondensor kotor, mereka tidak akan menghilangkan panas secara efektif. Saat serpihan menumpuk di gulungan, lemari es menjadi kurang efisien, menyebabkan lemari es bekerja lebih keras untuk mendingin. 

Jika gulungan sangat kotor, lemari es tidak akan dapat mempertahankan suhu yang tepat. Periksa gulungan kondensor untuk memastikan apakah kotor — jika gulungan kondensor kotor, bersihkan.

2 - Motor Kipas Kondensor

Motor kipas kondensor menarik udara melalui gulungan kondensor dan melewati kompresor. Jika motor kipas kondensor tidak berfungsi dengan benar, lemari es tidak akan mendingin dengan baik. Untuk menentukan apakah motor kipas rusak, pertama-tama periksa bilah kipas apakah ada penghalang. 

Selanjutnya, coba putar bilah motor kipas dengan tangan. Jika bilah tidak berputar bebas, ganti motor kipas kondensor. Jika tidak ada penghalang dan bilah kipas berputar bebas, gunakan multimeter untuk menguji kontinuitas motor kipas. Jika motor kipas kondensor tidak ada kontinuitas, gantilah.

3 - Motor Kipas Evaporator

Motor kipas evaporator mengalirkan udara melalui gulungan evaporator (pendingin) dan mengedarkannya ke seluruh kompartemen lemari es dan freezer. Beberapa lemari es memiliki lebih dari satu motor kipas evaporator. Pada lemari es yang hanya memiliki satu evaporator, evaporator terletak di dalam kompartemen freezer. Kipas evaporator yang tidak berfungsi tidak akan mengalirkan udara dingin ke kompartemen lemari es. Jika ini terjadi, lemari es mungkin masih menjadi dingin, sedangkan lemari es tidak akan menjadi dingin. 

Untuk diPastikan apakah motor kipas evaporator rusak, coba putar bilah kipas dengan tangan. Jika bilah kipas tidak berputar bebas, ganti motor kipas. Selain itu, jika motor mengeluarkan suara bising yang tidak biasa, gantilah. Terakhir, jika motor tidak bekerja sama sekali, gunakan multimeter untuk menguji kontinuitas belitan motor. Jika belitan tidak memiliki kontinuitas, ganti motor kipas evaporator.

4 - Mulai Relay

Relai start bekerja bersama dengan belitan start untuk menghidupkan kompresor. Jika relai start rusak, kompresor kadang-kadang mungkin gagal bekerja atau mungkin tidak bekerja sama sekali. Akibatnya lemari es tidak akan cukup dingin.

Untuk menentukan apakah relai start rusak, gunakan multimeter untuk menguji kontinuitas antara soket terminal run dan start. Jika relai start tidak memiliki kontinuitas antara soket terminal run dan start, gantilah. Selain itu, jika memulai relaJika ada bau terbakar, gantilah.

5 - Pengatur Suhu Suhu

Thermostat pengatur suhu mengarahkan tegangan ke kompresor, motor kipas evaporator, dan motor kipas kondensor (jika ada). Jika termostat pengatur suhu tidak berfungsi dengan benar, ini dapat mencegah sistem refrigeran berjalan. Untuk menentukan apakah termostat rusak, putar termostat dari setelan terendah ke setelan tertinggi dan dengarkan sekali klik. 

Jika termostat berbunyi klik, kemungkinan besar tidak rusak. Jika termostat tidak berbunyi klik, gunakan multimeter untuk menguji tia termostat untuk kontinuitas. Jika termostat kontrol suhu tidak memiliki kontinuitas pada pengaturan apa pun, gantilah.

6 - Mulai Kapasitor

Kapasitor start memberikan dorongan daya ke kompresor selama start-up. Jika kapasitor start tidak berfungsi, kompresor mungkin tidak menyala. Akibatnya lemari es tidak akan mendingin. Untuk menentukan apakah kapasitor start rusak, uji dengan multimeter. Jika kapasitor start rusak, gantilah.

7 - Papan Kontrol Suhu

Papan pengatur suhu memberikan tegangan ke kompresor dan motor kipas. Jika papan kontrol suhu rusak, itu akan berhenti mengirim tegangan ke sistem pendingin. Namun, ini bukan kejadian umum. Papan kendali sering salah didiagnosis — sebelum mengganti papan kendali, uji dulu semua komponen yang umumnya rusak. Jika tidak ada komponen lain yang rusak, pertimbangkan untuk mengganti papan kontrol suhu.

8 - Termistor

Termistor memonitor suhu lemari es dan mengirimkan pembacaan suhu ke papan kontrol. Papan kendali mengatur daya ke kompresor dan kipas evaporator berdasarkan pembacaan termistor. Jika termistor rusak, kompresor dan kipas evaporator mungkin tidak bekerja saat diperlukan. Akibatnya lemari es tidak akan cukup dingin. 

Untuk menentukan apakah termistor rusak, ujilah dengan multimeter. Resistansi termistor harus berubah sehubungan dengan rsuhu lemari es. Jika resistansi termistor tidak berubah, atau termistor tidak memiliki kontinuitas, ganti termistor.

9 - Kompresor

Kompresor adalah pompa yang memampatkan refrigeran dan mengedarkan refrigeran melalui kumparan evaporator dan kondensor. Jika kompresor tidak berfungsi, lemari es tidak akan mendingin. Namun, ini jarang terjadi. 

Sebelum mengganti kompresor, periksa dulu semua bagian yang lebih sering rusak. Jika Anda telah menentukan bahwa semua komponen lainnya bekerja dengan baik, periksa kompresor. Gunakan multimeter untuk menguji kontinuitas antara pin listrik di sampingkompresor. Jika ada sirkuit terbuka, kemungkinan besar kompresor rusak. Jika kompresor rusak, harus diganti oleh teknisi berlisensi.

10 - Papan Kontrol Utama

Papan kendali utama mungkin rusak. Namun, ini hampir tidak pernah menjadi penyebabnya. Sebelum mengganti papan kontrol utama, uji semua bagian yang lebih umum rusak. Jika tidak ada komponen lain yang rusak, pertimbangkan untuk mengganti papan kontrol utama.

Posting Komentar untuk "Solusi Cara memperbaiki Kulkas tidak dingin"